Senin, 13 Juni 2011

BORGOL

BORGOL


Ilustrasi : Wikipedia

Borgol merupakan salah satu  alat perlengkapan yang dipergunakan oleh anggota keamanan dalam  tugas operasionalnya. Bentuk oval dan  tungkai bergerigi  masing-masing dapat bergerak
360 derajat, berat  antara 250 350 gram.  Bagiannya : a. rantai  b. pegangan rantai

Penggunaan / penempatan borgol :
1.      Dipakai/dikatkan pada ikat pinggang sebelah kanan.
2.      Dipergunakan untuk membatasi gerak  seseorang yang telah melaksanakan tindak kejahatan agar tidak dapat melarikan diri.
3.      Dalam penggunaan borgol berpedoman pada dril I, II dan  III borgol (sebagai alat penangkis, menyerang dan  memborgol).

Teknik memborgol ada  tiga yaitu borgol depan, borgol belakang dan  borgol silang, adapun caranya ada  tiga yaitu :

sikap berdiri :
·         kedua tangan diangkat dengan telapak tangan terbuka, perintahkan berbalik (membelakangi petugas), condongkan badan ke depan (tempelkan tangan ke dinding) kurang  lebih sampai membentuk sudut  45 derajat, kaki buka selebar mungkin sampai tumit terangkat, pegang kerah  baju bagian belakang dan  posisi petugas membentuk kuda-kuda segitiga dengan paha kaki depan menempel di antara kaki tahanan, pasang borgol pada tangan kanan, kemudian tarik ke belakang lalu ambil tangan kiri dan  memborgolnya.

Sikap duduk :
·         kedua tangan diangkat dengan telapak tangan terbuka, perintahkan berbalik (membelakangi petugas), kemudian duduk dengan kaki dibuka  lebar-lebar, condongkan badan kedepan, posisi petugas membentuk kuda-kuda segitiga dengan lutut kaki depan menempel di punggung tahanan, pasang borgol pada tangan kanan, kemudian tarik ke belakang lalu ambil tangan kiri dan  memborgolnya.

Sikap tiarap  :
·         perintahkan tahanan dalam  posisi tiarap,  kedua tangan di luruskan ke depan dengan telapak tangan terbuka, kaki dibuka  lebar-lebar, pandangan mata  lurus ke depan, posisi petugas dengan lutut kaki depan menekan di punggung tahanan, pasang borgol pada tangan kanan, kemudian tarik ke belakang lalu ambil tangan kiri dan memborgolnya.

  
DRILL BORGOL  I
 
 
Drill borgol I adalah senam borgol pertama yang diajarkan dalam  latihan  senam borgol. Drill borgol I memperagakan borgol sebagai alat pemborgol, karena fungsinya sebagai alat pemborgol maka  untuk memegang borgol harus benar yaitu letak anak  borgol atau  bagian borgol yang bergerak menghadap depan. Karena drill  borgol I sebagai senam borgol yang notebene untuk keseragaman gerakan maka untuk melaksanakan drill borgol I ada  aba-aba yang perlu dipahami yaitu sebagai berikut :

Persiapan

Dengan maksud untuk mempersiapkan borgol di tangan agar gerakan pelaksanaan drill borgol tidak mengalami kesulitan atau  hambatan, langkah-langkah gerakannya sebagai berikut :

1.      Posisi  sempurna (siap) dan  mengucapkan “DRILL BORGOL 1, BORGOL SEBAGAI ALAT PEMBORGOL”.
2.      Ada perintah “BORGOL DITANGAN” maka  segera tangan kanan mengarahkan borgol yang berada di pinggang sebelah kanan dan  membuka tempat borgol dilanjutkan  mengambil/membawa borgol dengan tangan kanan yang secara bersama-sama diikuti tangan kiri dan  pandangan mata.
3.     Ada perintah pelaksanaan “GRAK” maka  kedua tangan mengarahkan ke samping badan selanjutnya kembali  ke sikap sempurna.

Pelaksanaan

Pelaksanaannya diawali dengan aba-aba “GERAKAN, MULAI” dan untuk keseragaman gerakan maka  setiap langkah gerakan dalam  pelaksanaan selalu  ada  aba-aba hitungan atau  peluit atau  teriakan, langkah-langkah gerakannya adalah sebagai berikut :

1.      Sikap sempurna tangan kanan memegang borgol.
2.     Ada aba-aba “GERAKAN, MULAI” maka  langsung bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kiri atas, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kiri atas.
3.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian kaki kiri melangkah kembali ke depan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah kanan atas, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kanan atas.
4.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian badan menghadap kiri selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kiri atas, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kiri atas.
5.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian kaki kiri melangkah kembali  ke depan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kanan atas, dilanjutkan dengan tangan kanan memborgol arah  kanan atas.
6.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian berbalik badan arah  kiri (berlawanan dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kiri atas, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kiri atas.
7.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian kaki kiri melangkah kembali  ke depan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kanan atas, dilanjutkan dengan tangan kanan memborgol arah  kanan atas.
8.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian berbalik badan arah  kanan (searah dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kiri atas, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kiri atas.
9.     Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian kaki kiri melangkah kembali  ke depan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kanan atas, dilanjutkan dengan tangan kanan memborgol arah  kanan atas.
10.  Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian badan menghadap kiri selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kiri bawah, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kiri bawah.
11.  Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian kaki kiri melangkah kembali  ke depan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kanan bawah, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kanan bawah.
12. Kaki belakang/kanan melangkah rapat  dengan kaki depan/kiri  kemudian berbalik badan arah kiri (berlawanan dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kiri menagkis arah  kiri atas, dilanjutkan  dengan tangan kanan memborgol arah  kiri atas.
13.  Ada aba-aba “SELESAI” maka  kaki depan /kaki merapat ke kaki kanan dengan diikuti kedua tangan ditarik kesamping badan dilanjutkan  dengan menurunkan tangan untuk kembali ke sikap sempurna.

Penutupan

Dengan maksud  untuk tetap  menjaga keseragaman gerakan drill borgol I setelah melaksanakan senam tersebut dan  mengembalikan borgol pada tempatnya, langkah-langkah gerakannya adalah sebagai berikut:
1.      Pada sikap sempurna (siap) dan  ada  aba-aba “SARUNGKAN BORGOL” maka  segera tangan kanan yang memegang borgol memasukan borgol ke tempat borgol yang berada di pinggang sebelah kanan yang diikuti tangan kiri dan  pandangan mata  melihat tempat borgol.
2.      Ada perintah pelaksanaan “GRAK” maka  kedua tangan mengunci tempat borgol selanjutnya kembali  ke sikap sempurna.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut