Senin, 13 Juni 2011

DRILL BORGOL II

DRILL BORGOL  II
 
 
Ilustrasi : SBK Res Gresik
 
Drill borgol II adalah senam borgol kedua yang diajarkan dalam  latihan  senam borgol. Drill borgol II memperagakan borgol sebagai alat pemukul,  karena fungsinya sebagai alat pemukul  maka  untuk memegang borgol harus benar yaitu letak anak  borgol atau  bagian borgol yang bergerak menghadap belakang. Karena drill borgol II sebagai senam borgol yang notebene untuk keseragaman gerakan maka  untuk melaksanakan drill borgol II ada  aba-aba yang perlu dipahami yaitu sebagai berikut :
 
Persiapan
 
Tujuannya adalah untuk mempersiapkan borgol di tangan kanan agar  gerakan pelaksanaan drill  borgol tidak mengalami kesulitan atau  hambatan, adapun langkah-langkah gerakannya sebagai berikut :
 
1.        Posisi  sempurna (siap) dan  mengucapkan “DRILL BORGOL 2, BORGOL SEBAGAI ALAT PEMUKUL”
2.      Ada perintah “BORGOL DITANGAN” maka  segera tangan kanan mengarahkan borgol yang berada di pinggang sebelah kanan dan  membuka tempat borgol dilanjutkan  mengambil/membawa borgol dengan tangan kanan yang secara bersama-sama diikuti tangan kiri dan  pandangan mata.
3.      Ada perintah pelaksanaan “GRAK” maka  kedua tangan mengarahkan ke samping badan selanjutnya kembali  ke sikap sempurna.
 
Pelaksanaan
 
Drill Borgol 2 diawali dengan aba-aba “GERAKAN, MULAI” dan  untuk keseragaman gerakan maka  setiap langkah gerakan dalam  pelaksanaan selalu  ada  aba-aba hitungan atau  peluit atau  teriakan, langkah-langkah gerakannya adalah sebagai berikut :
 
1.      Sikap sempurna tangan kanan memegang borgol.
2.      Ada aba-aba “GERAKAN, MULAI” maka  langsung bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  atas (bagian kepala lawan).
3.      Kaki kanan maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  dalam  (bagian rusuk  kiri lawan).
4.      Bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  luar (bagian rusuk  kanan lawan).
5.      Kaki kanan melangkah ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu tangan kanan menusuk arah  depan (bagian huluhati lawan).
6.      Kaki kiri bergerak ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  bawah (bagian kemaluan lawan).
7.      Kaki belakang / kaki kanan merapat kedepan kemudian berbalik badan arah  kiri (berlawanan dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul arah  atas (bagian kepala lawan).
8.      Kaki kanan maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  dalam  (bagian rusuk  kiri lawan).
9.      Bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  luar (bagian rusuk  kanan lawan).
10.  Kaki kanan melangkah ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu tangan kanan menusuk arah  depan (bagian huluhati lawan).
11.  Kaki kiri bergerak ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  bawah (bagian kemaluan lawan).
12.  Kaki belakang / kaki kanan merapat kedepan kemudian berbalik badan arah  kiri (berlawanan dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu tangan kanan memukul  arah  atas (bagian kepala lawan).
13.  Ada aba-aba “SELESAI” maka  kaki depan /kaki merapat ke kaki kanan dengan diikuti kedua tangan ditarik kesamping badan dilanjutkan  dengan menurunkan tangan untuk kembali ke sikap sempurna.
 
Penutupan
 
Tujuannya untuk mengembalikan borgol pada tempatnya setelah melaksanakan senam tersebut, adapun langkah-langkah gerakannya sama seperti pada drill borgol 1
 
 DRILL BORGOL  III
 
 
Drill borgol III adalah senam borgol ketiga  yang diajarkan dalam  latihan  senam borgol. Drill borgol III memperagakan borgol sebagai alat penagkis, karena fungsinya sebagai alat penangkis maka  untuk memegang borgol harus benar yaitu borgol dipegang oleh kedua tangan dengan kaitan  jempol. Karena drill borgol III sebagai senam borgol yang note  bene untuk keseragaman gerakan maka  untuk melaksanakan drill borgol III ada  aba-aba yang perlu dipahami yaitu sebagai berikut :
 
Persiapan
 
Dengan tujuan  untuk mempersiapkan borgol di kedua tangan agar  gerakan pelaksanaan drill borgol tidak mengalami kesulitan atau  hambatan dan  untuk kebersamaaan gerakan, adapun langkah-langkah gerakannya sebagai berikut :
 
1.      Posisi  sempurna (siap) dan  mengucapkan “DRILL BORGOL 3, BORGOL SEBAGAI ALAT PENANGKIS”
2.      Ada perintah “BORGOL DIKEDUA TANGAN” maka  segera secara bersama-sama tangan kanan dan  tangan kiri mengarahkan borgol yang berada di pinggang sebelah kanan dan membuka tempat borgol dilanjutkan mengambil/membawa borgol dengan kedua tangan yang diikuti pandangan.
3.      Ada perintah pelaksanaan “GRAK” maka  kedua tangan mengarahkan kedepan dada selanjutnya menurunkan tangan dengan kaki tetap  rapat .
 
Pelaksanaan
 
Aba-aba pelaksanaannya sama dengan drill borgol 1 dan  drill borgol 2 dan  untuk gerakan maka  setiap langkah gerakan dalam  pelaksanaan dengan aba-aba hitungan atau  peluit atau  teriakan, adapun langkah-langkah gerakannya adalah sebagai berikut :
 
1.      Sikap sempurna kedua tangan memegang borgol.
2.      Ada aba-aba “GERAKAN, MULAI” maka  langsung bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  atas kepala.
3.      Kaki kanan maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  dalam  / bagian rusuk  kiri.
4.      Bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  luar / bagian rusuk  kanan.
5.      Kaki kanan melangkah ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis serangan dari arah  depan / bagian huluhati.
6.      Kaki kiri bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis bawah / arah  kemaluan.
7.      Kaki belakang / kaki kanan merapat kedepan kemudian berbalik badan arah  kiri (berlawanan dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  atas kepala.
8.      Kaki kanan maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  dalam  / bagian rusuk  kiri.
9.      Bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  luar / bagian rusuk  kanan.
10.  Kaki kanan melangkah ke depan dengan membentuk kuda-kuda kanan depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis serangan dari arah  depan / bagian huluhati.
11.  Kaki kiri bergerak maju ke depan dengan membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis bawah / arah  kemaluan.
12.  Kaki belakang / kaki kanan merapat kedepan kemudian berbalik badan arah  kiri (berlawanan dengan arah  jarum jam) selanjutnya kaki kiri maju membentuk kuda-kuda kiri depan bersamaan dengan itu kedua tangan yang membawa borgol menangkis arah  atas kepala.
13.  Ada aba-aba “SELESAI” maka  kaki depan/kiri  merapat ke kaki kanan dengan diikuti kedua tangan ditarik ke depan dada dilanjutkan  dengan menurunkan tangan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pengikut